Jumat, 04 Mei 2012

0 Memonitor Pengunjung dengan Google Analytics

Chyberart - Apa temen-temen ingin mengetahui pengunjung yang mampir di blog kita? Terkadang kita dibuat penasaran siapa dan darimana saja pengunjung itu datang. Untuk mengetahuinya kita bisa memasang feedjit atau histats di blog kita. Tapi kali ini saya akan memperkenalkan kepada Anda alternatif yang perlu Anda pertimbangkan. Yang akan menjadi alternatif kali ini adalah Google Analytics. Sebuah program dari Google yang dapat Anda gunakan. Kelebihan pertama dari Google Analytics dibanding Feedjit adalah pemasangannya yang tidak memakan tempat seperti Feedjit yang harus memasang statistik yang mereka berikan, dari Google hanya perlu memasang script di blog Anda. Nah, kalau dari Google, kita akan mengetahui bagaimana blog kita akan dinilai oleh Google dari segi pengunjung yang akan mempengaruhi Alexa kita.
Langsung saja kita ke langkah-langkahnya :
  1. Pertama yang mesti anda buka Google Analytics  jangan yang lain.
  2. Sign Up dengan menggunakan email Google Anda untuk dapat mengakses Google Analyticsmaskolis Google Analytics
  3. Isilah data blog Andamaskolis Google Analytics
  4. Isi nama, kemudian cek aturan yang diberikan. Klik Create a New Account
  5. Langkah terakhir, copy kode yang diberikan dan letakkan kode tersebut di atas maskolis Google Analytics
  6. Klik Save and Finish jika sudah selesai.
Akun Google Analytics Anda sudah selesai dibuat. Dengan begitu setiap hari Anda dapat memonitor berapa pengunjung perhari serta yang lain. Klik pada domain yang Anda daftarkan untuk melihat statistiknya:
maskolis
Anda akan melihat beberapa statistik seperti Diagram Garis maupun diagram Lingkaran seperti di bawah ini:
Ini sekedar tips dari saya, saya sarankan temen-temen memasang Google Analytics ini pada awal pembuatan blog. Begitu blognya jadi langsung pasang Google Analytics. Jadi kita bisa memonitor blog kita sejak awal.

http://chyberart.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar